DOT = Departemen of Transportation, sebuah departemen yang mengatur klasifikasi dan menempatkannnya pada kelas kelas tertentu seperti DOT 3,4, 5.1 dll. Kenapa harus menggunakan minyak rem..? karena keunggulan dari fluida (cairan) adalah tidak compressible alias tidak bisa terkompresi sehingga dapat mengubah gaya tekan pada tuas ditangan menjadi tekanan yang menggerakkan brake drum atau kaliper.
Angka pada belakang DOT menunjukkan titik didih (boiling point) sehingga beberapa minyak rem tidak cocok/tidak direkomendasikan pada kendaraan tertentu. Jika menggunakannya pada temperatur yang lebih tinggi maka terjadi penguapan yang mengurangi daya pengereman atau tekanan pada kaliper.
Dry boiling point | Wet boiling point | Viscosity limit | Primary constituent | |
---|---|---|---|---|
DOT 2 | 190 °C (374 °F) | 140 °C (284 °F) | ? | Castor oil/alcohol |
DOT 3 | 205 °C (401 °F) | 140 °C (284 °F) | 1500 mm2/s | Glycol Ether |
DOT 4 | 230 °C (446 °F) | 155 °C (311 °F) | 1800 mm2/s | Glycol Ether/Borate Ester |
DOT 5 | 260 °C (500 °F) | 180 °C (356 °F) | 900 mm2/s | Silicone |
DOT 5.1 | 260 °C (500 °F) | 180 °C (356 °F) | 900 mm2/s | Glycol Ether/Borate Este |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar