Selasa, 06 November 2012

OverStroke/UnderSquare Engine

Menyambung artikel sebelumnya yang membahas mengenai OverBore.... kali ini pembahasannya adalah mengenai OverStroke/UnderSquare Engine.... nah gaman teknisnya dan karakteristiknya??


Mesin jenis ini memiliki stroke yang lebih panjang dibandingkan dengan ukuran diameter bore piston/torak.. 

mesin dengan overstroke memiliki karakteristik yaitu minimnya kerugian kalor hasil pembakaran sehingga bisa mendorong piston/torak secara optimal dari panas karena strokenya panjang, tetapi memiliki gesekan yang tinggi karena stroke yang panjang dan dibutuhkan kecepatan piston/torak yang lebih tinggi.

Keuntungan mesin OverStroke adalah Torsi besar yang berada pada RPM rendah sampai RPM menengah... cocok untuk dipakai pada kendaraan perkotaan yang notabene pasti stop n gooo!!!

Overbore/Oversquare Engine

Sudah cukup lama mendapatkan materi mengenai motor bakar alias internal combustion engine yang ada dikendaraan seperti sepeda motor, mobil dan lainnya.... nah kali ini cuma mau share aja sekalian review apa sih yang namanya mesin overbore dan teknisnya gmana??



perlu diketahui Bore adalah diameter dari silinder piston/torak, sedangkan Stroke adalah penyakit panjang langkah piston/torak. Nah kenapa dinamakan dengan overbore?? jawabannya karena Rasio Bore terhadap Stroke adalah B > S....

Overbore sendiri memiliki karakteristik yaitu minimnya gesekan antara piston/torak dengan dinding boring akibat pendeknya stroke, tetapi lainnya adalah mengalami peningkatan kerugian pada pertukaran kalor akibat kalor pembakaran yg seharusnya bisa digunakan untuk mendorong piston/torak hanya sebatas panjang stroke yg pendek..bisa dibilang panas akan terbuang percumaaaa.... ini salah satu alasan juga kenapa mesin mesin balap overbore pasti menyebabkan exhaust pipe menjadi meraaaahh alias glowing!!




Keuntungan mesin ini adalah mendapatkan RPM yang lebih tinggi akibat piston/torak yang mengalami revolusi dengan cepat karena stroke pendek dan mesin ini memang biasanya diaplikasikan pada kendaraan balap.. ngeeengggg cuzzzzz..... yang dimana dibutuhkan horsepower besar dan torsi besar pada RPM menengah dan tinggi makanya klo denger suara RPMnya yang bisa melengking tinggi....

Valenciana Ricardo Tormo



Circuit de la Comunitat Valenciana Ricardo Tormo merupakan nama lengkap dari sirkuit yang memiliki panjang 4 kilometer dan lebar 12 meter dengan 48 garasi serta stand yang mampu menampung sekitar 150 ribu penonton. Nama Ricardo Tormo sendiri diambil dan merupakan nama pembalap Ricardo Tormo Blaya.



Sirkuit ini memeiliki 14 tikungan dengan kombinasi 5 tikungan keKanan dan 9 Tikungan Kekiri. Pertama kali menggelar balap MotoGp pada tahun 1999.


Dan yang membuat wow adalah ternyata ini sirkuit dengan trek terlambat nomor 2 dalam kalender MotoGp... apa artinya?? artinya motor yang bisa menang disini adalah motor yang memiliki handling yang baik serta memiliki keseimbangan yang bagus.... kenapa? karena sirkuit ini memiliki banyak corner sehingga kuncinya adalah menemukan settingan yang pas agar motor bisa cornering dengan baik... selain itu dengan adanya banyak tikungan maka yang dibutuhkan adalah akselerasi yang mumpuni untuk bisa keluar sirkuit dengan cepat.... Jika sudah hebat disirkuit ini.. otomatis maka disirkuit lain akan superior juga.....