perlu diketahui Bore adalah diameter dari silinder piston/torak, sedangkan Stroke adalah
Overbore sendiri memiliki karakteristik yaitu minimnya gesekan antara piston/torak dengan dinding boring akibat pendeknya stroke, tetapi lainnya adalah mengalami peningkatan kerugian pada pertukaran kalor akibat kalor pembakaran yg seharusnya bisa digunakan untuk mendorong piston/torak hanya sebatas panjang stroke yg pendek..bisa dibilang panas akan terbuang percumaaaa.... ini salah satu alasan juga kenapa mesin mesin balap overbore pasti menyebabkan exhaust pipe menjadi meraaaahh alias glowing!!
Keuntungan mesin ini adalah mendapatkan RPM yang lebih tinggi akibat piston/torak yang mengalami revolusi dengan cepat karena stroke pendek dan mesin ini memang biasanya diaplikasikan pada kendaraan balap.. ngeeengggg cuzzzzz..... yang dimana dibutuhkan horsepower besar dan torsi besar pada RPM menengah dan tinggi makanya klo denger suara RPMnya yang bisa melengking tinggi....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar