menyambung artikel sebelumnya mengenai problem motor dibagian rem... kali ini mau share pengalaman mengganti seal kaliper dan master rem...
Problem utama adalah ketika mengerem perlu menekan lebih dalam pada master rem.... dan itu terjadi sesaat sebelum rem bener-bener blongg...!!!! Pada akhirnya kuda besi saya perlu dikandangkan karena remnya blong...
Okay, pertama saya mengecek selang rem untuk menghindari adanya kebocoran, tetapi setelah dicek tidak ada kebocoran yang terjadi....
akhirnya setelah mengobservasi sistem pengereman saya menemukan bahwa seal dibagian kaliper sudah getas dan perlu diganti.. ini ditandai dengan piston kaliper yang bergerak kembali setelah pengangan rem dilepas....
harga spapepart seal kaliper cakram vixion dilepas seharga 31 rebu untuk 1 set yang terdiri dari 4 karet seal, yang tipis untuk bagian depan dan yang tebal untuk bagian belakang.... ya harga segitu menurut saya cukup murah untuk ditebus demi keselamatan... hehehehe.....
Setelah mengganti seal kaliper cakram dicoba lagi memompa cairan pada master rem... dan hasilnya piston bisa maju sempurna, tetapi masih tidak bisa mengerem karena tekanan kurang... akhirnya diagnosis ini menuju pada seal master rem yang tidak bekerja dengan sempurna... benar saja ternyata karet seal master rem sudah tidak layak.. ya perlu keluar duit untuk menebusnya... harganya sekitar 100 rebuan... ganti sebentarr dan pasangkan yang baru... selesai deh...
jangan lupa melakukan bleeding pada sistem rem untuk menghindari adanya udara yang terperangkap sehingga bisa mengganggu performa pengereman dan berujung celaka.... so kalau yang ingin coba mengganti sendiri silahkan asal kuncinya lengkap semua ya...
Semoga bermanfaat... keep ride and share...!!!
Belinya dmna mas karetnya
BalasHapusdidealer resmi ada kok
HapusDapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm. Padang.
HapusDekat sma 4 dan tidak jauh dari kampus upi
HP:085264100020
pin bb:29d4b762
Terimakasih atas kunjungannya.
UKURAN OLIE SEAL
SEAL CRANK SHAFT / KRUK AST K.GTO 20X40X7
SEAL CRANK SHAFT / KRUK AST Y.F1/F1ZR 32X44X8
SEAL CRANK SHAFT / KRUK AST Y.RX 100 20X40X8
SEAL CRANK SHAFT / KRUK AST Y.RXS/RXK 28X40X8
SEAL CRANK SHAFT / KRUK AST RC 30X44X7
SEAL CRANK SHAFT / KRUK AST L TRS,SAT,TORN 25X44X7
SEAL KICK STARTER H.C800 13,7X24X5
SEAL KICK STARTER H.CB/GL100/PRO 16X28X7
SEAL KICK STARTER Y.RX KING 17X25X4
SEAL KICK STARTER Y.F1 15X26X6
SEAL KICK STARTER KICK S. SHOGUN 14X24X6
SEAL KICK STARTER KICK S. GRAND 14X24X5
SEAL KICK STARTER KICK S. PRIMA 13,8X24X5
SEAL SHOCK FRONT H.CB100 27X37X7,5
SEAL SHOCK FRONT H.KEV/ALFA/GN5/F1/JUP/SMASH 26X37X10,5
SEAL SHOCK FRONT H.GL/RXS/SHOGUN 27X39X10,5
SEAL SHOCK FRONT H.GL PRO 31X43X10,5
SEAL SHOCK FRONT Y.RXK/THD/RGR 30X40,5X10,5
SEAL SHOCK FRONT GTO 30X42X10,5
SEAL TUTUP SHOCK ABSORBER DEPAN H.GRAND 26X37
SEAL TUTUP SHOCK ABSORBER DEPAN H.GL PRO 31X43
SEAL GIR DEPAN ASTREA 17X25X5
SEAL GIR DEPAN H.GL100/PRO 20X34X7
SEAL GIR DEPAN A100/RC 17X28X6
SEAL GIR DEPAN F1/RXK 20X38X5
SEAL GIR DEPAN GRAND 17X29X5
SEAL GIR DEPAN L2G 26X38X7
SEAL GIR DEPAN PRO 20X34X7
SEAL TRANSMISSION H.CB/GL100/PRO 14X28X7
SEAL TRANSMISSION H.ASTREA 11,6X24X10
SEAL TRANSMISSION S.A100 12X22X9
SEAL TRANSMISSION S.SMASH 14X24X5
SEAL TRANSMISSION F1 22X32X6
SEAL TRANSMISSION F1ZR 12X18X5
SEAL TRANSMISSION KAZE 12X20X6
SEAL TRANSMISSION Y.RX100/RXK 14X24X6
SEAL TRANSMISSION Y.JUPITER Z 12X22X5
SEAL MAGNIT H.WIN 18,9X30X5
SEAL MAGNIT Y.F1/ALFA/RXK 25X40X8
SEAL MAGNIT SMASH 25X44X7
SEAL MAGNIT RXS 20X40X8
SEAL MAGNIT A100 20X37X8
SEAL MAGNIT CB 22X35X7
SEAL STARTER BASE(BIG)H.ASTREA 30X42X4,5
SEAL AUTOMATIC STARTER(SMALL) H.ASTREA 18,9X28X5
SEAL CHAM SHAFT / NOKEN AS H.CB/GL100 15X25X7
SEAL RPM H.GL100/PRO 6,5X14,5X7
SEAL RPM RXK 8X18X5
SEAL STUD KOPLING Y.RX100 4,8X22X7
SEAL STUD KOPLING A100 5,5X16X8
SEAL STUD KOPLING RXK 4,8X25X5,5
SEAL OIL PUMP F1 10X21X5
SEAL OIL PUMP F1/RXK 4X9X3
SEAL OIL PUMP RXK 14X25X5
SEAL OIL PUMP RXK 5,5X9X3
SEAL MASTER REM ORI YAMAHA MIO
Rp 75.000
SEAL MASTER REM ORI YAMAHA VEGA R
Rp 75.000
SEAL MASTER REM ORI YAMAHA JUPE MX
Rp 75.000
SEAL MASTER REM ORI YAMAHA VIXION
Rp 75.000
SEAL MASTER REM ORI HONDA SUPRA X
Rp 75.000
SEAL MASTER REM ORI HONDA KHARISMA
Rp 75.000
SEAL MASTER REM ORI HONDA VARIO
Rp 75.000
SEAL MASTER REM ORI HONDA BEAT
Rp 75.000
SEAL MASTER REM ORI SUZUKI SMASH
Rp 65.000
SEAL MASTER REM ORI SUZUKI SHOGUN
Rp 65.000
SEAL MASTER REM ORI SUZUKI SATRIA
Rp 65.000
melakukan bleeding itu seperti apa bos dan masutnya apa maklum masih pemula dan belajar.
BalasHapusbleeding itu maksudnya adalah rutin mengeluarkan minyak rem untuk membantu mengeluarkan angin dari nipple dikaliper cakram... :D
Hapuskalau mau lepasin piston dari kaliper gmana caranya mas agan
BalasHapuspake tang yg arah bukaannya terbalik gan, trus tarik aja lurus kearah luar ntar copot sendiri dari seal2nya
HapusNice mas agan infonya,sudah di coba dan hasilnya jos gandos,ngerem pakai 1 jari udah langsung berhenti
BalasHapusmantapp.. rem pakem aman dijalan
HapusMantaff infonya, berlaku juga buat cakram SupraX saya (masih sama 2 tabung), tanda2nya tabung bawah tidak mau kembali alias ngrem terus. Setelah saya ganti karet seal kalipernya akhirnya lancar juga. Lalu kedua motor adik saya supra juga gejalanya rem kadang blong kadang pakem, setelah saya ganti seal kaliper tetep juga seperti itu. Akhirnya ganti seal master cakram baru bisa lancar PAKEM. Kesimpulan sementara Rem blong akibat seal master, tapi kalau rem tidak kembali (ngerem terus) kemungkinan seal kaliper, namun begitu keduanya saling berhubungan. Jangan lupa kuras oli rem, karena setelah pemakaian 6 tahun tanpa kuras (cuma tambah oli kalau habis) hasilnya banyak partikel2 dan kotoran pada oli hasil kurasan.
BalasHapusmantap masbro... pada intinya sebenarnya sama cara perawatan dan penggantian partnya
HapusKl hrga mster ckram blkang buat pixion brp y..nissin 14.mksh
BalasHapuswah klo itu saya tidak tau mas, yg saya beli part yang ada dikatalog spapepart yamaha
HapusMaaf bro barang kali penah ngalamin,,,
BalasHapusVixi saya klo jalan sering bunyi-bunyi kayanya dari bagian kaliper & piringan.
Setelah dicek piston kaliper tidak mau kembali/ ngerem terus. sudah saya bersihkan dan dikasih gemuk/silicon & bahkan diganti minyak rem karena pas dibersihkan piston loncat heheeheee jadi harus ganti minyak dan ngebleding.
Sampai sekarang masih seperti itu, kampas dan piringan jadi tergerus.
Apa harus ganti seal piston atau seal slidernya juga? Thanks
gejala ban klw di puter ke depan atau kebelakang ngerem artinya seal kaliper sdh keras melar, klw handle rem di tekan tdk ada respon (keras/begel/ngk ngerem (piston ngk maju) itu seal master yg diganti, bleending masukan oli rem tekan2x dalem itungan 3 ditahan buka nosel (ring kunci 8) dgn singkat tutup hingga cipratan oli yg keluar bila penampungan oli rem master jgn sampai kering (oli + terus hingga tdk ada gelembung /buih dan handle rem terasa keras rem jempit) proses selesai
Hapus