Senin, 04 Juni 2012

Computational Fluid Dynamic

denger judulnya rasanya udah mumet, tapi sebenarnya itu menyenangkan (menurut saya sih)

CFD (Computational Fluid Dynamic) itu sebenarnya sebuah software simulasi, ya pokoknya tentang aliran fluida gitu deh...

lanjut... ini CFD jd mata kuliah dan saya sangat addicted apalagi dosennya super duper baik polll

di CFD ini saya coba garap Turbinnya Turbocharger, pertama tama ya desain dulu turbinnya diSoftware 3D seperti Solidworks, Pro E atau yg lainnya.. kalau saya bisanya pake SolidWorks,..



trus setelah mendesain Turbin tersebut dari Software 3D, lanjut masuk kedunia yg sebenarnya....
nah diSoftware ini dibutuhkan kesabaran, ketelitian dan juga Doa kepada Yang Maha Kuasa....
Dengan sedikit usaha dan kerja keras, tidak lupa berdoa dan berpuasa...
namun sayangnya blom berhasil menggunakan volute chamber... karena tingkat kesulitan yang parah dan karena jenis ini hanya bisa diselesaikan dengan berdoa dan berpuasa.... menyerah...!!!!
akhirnya garap Turbinnya tanpa Volute chambernya...
Dengan kerja keras dan kurang tidur, disertai dengan motivasi dari orang tua, teman, guru, dosen, tukang parkir, penjual pecel, warung deket kampus dan siapapun y`ng membantu saya dengan makanan bergizi berharga murah meriah..... akhirnya tercapailah sebuah mahakarya (lebay) yang sangat seksi menurut saya...
Terbayarlah sudah...
tampak sebuah Turbin dengan Velocity vector dan Kontur aliran yang terlihat jelas dari inlet sampai outlet. Selanjutnya?? oh iya lupa kalau ada selanjutnya.....
Menganalisa lebih lanjut dan membuat Laporan.... APA?? LAPORAN??
Ternyata perjuangan saya belum berakhir begitu saja, dan rupanya hal2 yang menyenangkan pun perlu usaha dan kerja keras untuk bisa dinikmati hasilnya.... 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar