Senin, 18 Juni 2012

Computational Fluid Dynamic 3

ya akhirnya dapat kesempatan nulis lagi.... hehehe.. sungguh menyenangkan...

kali ini mau lanjutin pembahasan kita tentang CFD.... kalau kemaren sudah sampai iterasi kali ini kita lanjutin ke analisa alirannya....
setelah beberapa kali mencoba dan mengamati akhirnya juga ditemukan perbedaan aliran dari tiap tiap model viscous... yuk kita cek




ini adalah contoh aliran fluidanya didalam turbin, menggunakan pathline dalam bentuk velocity vector colored by vector velocity, asik ya kalau dilihat...




nah kalau ini adalah turbin tapi memperlihatkan bentuk dari blade turbinnya... ini sama dengan yang diatas, sama sama menggunakan velocity magnitude...



kalau yang ini adalah potongan turbin yang dilihat dari sumbu Z dengan kedalaman pemotongan z tertentu... karena perbedaan penggunaan antara beberapa model viscous pada velocity magnitude, maka kali ini akan keliatan perbedaan alirannya dari model Turbulent Kinectic Energy... gambar diatas menggunakan model viscous K Epsilon Realizable, terlihat pada penggunaan model viscous ini tidak banyak mengalami turbulent, ,asih pada kisaran warna biru...





yang satu ini menggunakan model viscous K Epsilon RNG, terlihat bahwa penggunaan model viscous ini mengalami peningkatan turbulensi terlihat dari warna biru yang semakin terang..



ini menggunakan K Epsilon standart, masih memakai Turbulent Kinetic... terlihat pada penggunaan model viscous ini turbulensi mulai keliatan pada beberapa bagian ditandai dengan adanya warna hijau




kalau yang satu ini menggunakan model viscous K Omega SST... mirip dengan model viscous K Epsilon Realizable pada hasilnya, tetapi disini terlihat lebih mix antara warna biru muda dan biru tua, tanda bahwa turbulensi lebih banyak dari pada model viscous K Epsilon Realizable




ini menggunakan K Omega Standart... terlihat bahwa turbulensi terletak dibagian luar turbin dari bladenya....



diatas menggunakan Pressure Stress_Linear Pressure-Strain, terlihat bahwa turbulensi terjadi pada bagian sisi sisi blade turbin...


ya bisa dibilang bahwa pemakaian simulasi ini membantu mengetahui jenis dan kondisi bagaimana yang harus dilakukan dalam percobaan atau praktek lapangan. Jadi simulasi ini akan mendukung percobaan lapangan dan juga membuat kita mengetahui perkiraan keadaan benda yang disimulasi. Banyak digunakan pada beberapa benda, seperti intake manifold pada Mobil drag temen saya Mr Hendro, analisa aliran udara pada body mobil Audi TT Mr. Peter dan Mini Cooper Mr. Bowo, analisa perpindahan panas Mr. Andrew, analisa pompa Mr. Chandra dan analisa analisa lainnya.. well butuh perjuangan sampai selesai... horeeee



Tidak ada komentar:

Posting Komentar