Kamis, 26 Desember 2013

Bagaimana cara menyetel riding position yang nyaman

  1. Menyetel tuas kopling dan rem pada posisi yang nyaman. Posisi yang tepat adalah ketika tuas berada dalam satu garis dengan telapak tangan, sehingga tidak ada jari yang tertekuk pada kondisi jari berada pada posisi rileks di tuas. beberapa tuas rem yang dijual memiliki kelebihan disetel untuk kondisi ideal. Ketika kondisi tuas dalam kondisi sempurna maka akan mengurangi beban pada otot telapak tangan dan jari. Menjaga pelumasan pada kabel kopling juga membantu mengurangi kelelahan pada tangan 

  2. Terlalu banyak bukaan gas yang bebas pada pegangan gas (throttle) - jeda saat telapak tangan menarik gas dengan kondisi rpm mulai naik - akan membuat lengan tangan anda memutar lebih daripada yang dibutuhkan. Jika terjadi demikian maka ada beberapa milimeter bukaan gas yang bebas sebelum gas (throttle) mulai naik. Untuk oenyetelan yang baik adalah menyetel kembali kabel gas dan pastikan throttle pada posisi tertutup sepenuhnya saat tuas gas tertutup

  3. Kontrol perseneling bisa disesuaikan dengan kondisi fisik tubuh (ketinggian, panjang kaki, dll). Pergerakan perseneling dan sudut dari tuas perseneling bisa disetel dengan mengganti mekanisme seperti menggunakan adjuster menuju linkage rod (underbone). Untuk Tuas rem belakang juga bisa diset untuk kenyaman dan performa seperti tuas perseneling.
  4. Clip on handlebars (stang jepit, dll) bisa membantu untuk medapatkan posisi ketinggian yang nyaman dan bisa menggunakan tambahan seperti raiser kits atau beberapa perangkat aftermarket (fully adjustable items). Biasanya stang bisa diganti dengan style yang beranekaragam atau bisa dengan mengendurkan stang dan menggerakkannya kedepan atau kebelakang untuk posisi yang lebih nyaman.

  5. Menyetel jok biasanya untuk mendapatkan ground clereance dan banyak orang menemukan kenyamanan saat kaki yang tinggi dan sedikit kebelakang, terlebih lagi untuk membantu menguatkan badan melawan terpaan angin. Tetapi beberapa footrest bisa disetel lebih rendah maupun posisi lainnya sehingga memudahkan untuk memilih gaya berkendara baik untuk touring maupun trackdays dll.

  6. Suspensi bisa diatur untuk memberikan pengendara kenyamanan dengan mudah. Jika menambah pre-load bisa mengurangi guncangan pada saat berboncengan maupun saat membawa barang.

  7. Ban adalah peredam seperti suspensi yang pertama. Tekanan merupakan peranan penting bahkan lebih dari yang anda bayangkan. Terlalu keras maka akan memberikan syok pada lengan dan tulang belakang, terlalu lembut akan membuat belok menjadi berat dan memberikan usaha ekstra pada lengan dan bahu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar