Sabtu, 07 Juli 2012

Automotive Aerodynamic 3 (Early Historical)

pengembangan aerodinamika terus berkembang... pada tahun 1920 sampai 1970 muncul bentuk bentuk streamlined.

Perlu diketahui bahwa pelopor pada tahun 1920-1970 adalah A.Riedler berkebangsaan Jerman (jerman memang top abis). Pada Tahun sekitar 1911 beliau melakukan analisa mengenai tractive resistance dari road vehicles. Kemudian juga Prandtl (jerman) dan Eiffel menyingkapkan aerodynamic drag nature sehingga ilmu ini semakin digunakan dan dikembangkan.

setelah PD 1 desain kendaraan baru mulai didesain dengan bentuk streamlined Contohnya adalah Rumpler Car yang dikembangkan dan dipelopori oleh E Rumpler (jerman lagiii.. eaaa) seorang aircraft engineer


mobil rumpler ini menggunakan rear engine dan lagi lagi roda belum terintegrasi dengan body sehingga drag meningkat, jika dilihat pada bagian atap mobil berbentuk aerofoil dan merupakan well streamlined

Menurut penemuan Klempere (eaa jerman lg), kenaikan drag disebabkan oleh roda yang belum terintegrasi dengan body, sehingga kenaikan drag paling tidak 50% dan pada tahun 1979 Buchiem mengukur Cd mobil ini di Wind Tunnel dan menemukan bahwa Cd = 0,28 dan A = 2,57 m2

pada Tahun 1923 bugatti mengeluarkan sebuah mobil yang digunakan di Strassburg Grand Prix, roda sudah terintegrasi dengan body namun aliran yang melintasi bagian tail masih sangat terganggu oleh driver





Tidak ada komentar:

Posting Komentar